Pesona Alam Geopark Ciletuh

Kabupaten Sukabumi memang sangat luas. Wilayahnya membentang dari pegunungan hingga ke tepian pantai. Bentangan alam itu juga menyimpan banyak sekali keindahan yang dapat kita nikmati. Hingga saat ini baru sedikit keindahan alam yang sudah dieksplorasi dan dikembangkan sebagai daerah wisata.
Salah satu kawasan yang termasuk baru dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi dan sekarang menjadi trend tersendiri di kalangan penikmat alam dan pecinta travelling adalah Geopark Ciletuh. Geopark Ciletuh adalah satu kawasan yang sangat luas terletak di Kecamatan Ciemas. Wilayahnya meliputi daerah pegunungan dan kawasan pantai. Disini juga banyak terdapat air terjun (curug) yang cukup mempesona keindahannya.
Geopark Ciletuh bisa dicapai dari kota Sukabumi dengan menggunakan mobil pribadi selama kurang lebih 4 jam. Sebagian ruas jalan kondisinya masih kurang baik tapi kita akan dihibur dengan pemandangan yang indah sepanjang jalan.
Minggu kemarin saya dan teman-teman dari IKIAD Kabupaten Sukabumi mengadakan acara kesana. Sayang sekali karena cuaca hujan, kami harus membatalkan beberapa tujuan yang akan dikunjungi, diantaranya Curug Cimarinjung, Puncak Darma, dan naik speed boat ke pulau Mandra.
Meski hanya sempat mengunjungi salah satu air terjun yaitu Curug Cikanteh dan pantai Palangpang, tapi kami cukup senang dan rasanya penat dan lelah dari perjalanan jauh cukup terobati.

Lokasinya bagus buat foto-foto instagram.
Air terjun terlihat dari kejauhan
Air terjun yang memancar diatas tebing batu terjal dan kemudian membelah menjadi dua di bagian bawah.
Air terjun ini disebut juga Curug Panganten. Mungkin karena curugnya ada dua yang bersanding sejajar.
Pemandangan pantai Palangpang di bawah langit mendung.
Icon Geopark Ciletuh di Pantai Palangpang.

Oya, Geopark Ciletuh ini areanya luas sekali sehingga dari satu tempat ke tempat lain kita harus menggunakan kendaraan baik itu mobil maupun motor. Selain itu, jika ingin sekaligus mengunjungi semua spot menariknya sebaiknya bermalam di penginapan-penginapan yang ada di sana sehingga waktunya lebih leluasa untuk menjelajah.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s