Perjalanan Menyusuri Pantai Selatan Jabar

Tidak ada libur panjang setelah Idul Adha tapi mood sedang ingin liburan bersama keluarga. Jadi pilihannya adalah liburan ke tempat yang tidak terlalu jauh. Kebetulan suami beberapa waktu lalu pernah mengajak pergi ke Garut.

Jadi diputuskanlah bahwa kami akan pergi ke Garut, tapi perjalanannya harus special dan enjoyable gak boleh biasa-biasa aja. Jadi perjalanan ini bukan hanya tentang tujuannya Garut, tapi juga tentang perjalanannya. It’s not about the destination but also about the journey.

Berangkat ke Garut kami melalui jalur selatan Jawa Barat, menyusuri jalur pantai selatan yang membentang mulai dari Kabupaten Sukabumi sampai ke Pangandaran. Tapi karena tujuan kami adalah ke Garut, maka perjalanannya hanya sampai di pantai Ranca Buaya dan akan dilanjutkan ke Garut kota.

Perjalanan menyusuri pantai selatan benar-benar menakjubkan, sepanjang jalan tidak bosan-bosannya menikmati suguhan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Hamparan pantai yang sangat indah, perbukitan yang menghijau, juga banyaknya jembatan dan muara sungai yang memberi nuansa yang berbeda.

pantai-selatan1pantai-selatan3pantai-selatan4

Siapkan kamera dan memori yang besar, karena sepanjang jalan banyak pemandangan bagus dan spot cantik buat foto-foto.

Infrastruktur jalan juga sangat baik, jalanan lebar dan mulus sebagian besar beton dengan bonus jalanannya sangat sepi dan hanya ramai di beberapa tempat saja yang merupakan ibukota kecamatan yang terlewati. Melewati jalanan ini sebaiknya matikan AC mobil, buka jendela lebar-lebar dan nikmati udara yang segar.

mengemudi-di-jalur-selatan

Perjalanan dimulai dari kecamatan Tegalbuleud kabupaten Sukabumi, kemudian masuk ke kecamatan Agrabinta, Cidaun, Sindangbarang kabupaten Cianjur, dan kemudian masuk ke Rancabuaya kabupaten Garut.

jembatan-cilaki-cianjur-garut
Jembatan Cilaki, yang menjadi pembatas antara kabupaten Cianjur dan Garut

Beberapa pantai yang sudah dikenal sebagai daerah wisata diantaranya pantai Jayanti, Sindangbarang, dan Rancabuaya. Semuanya masih alami, tidak terlalu ramai dan truely beautiful.

pantai-jayanti-cianjur
Pantai Jayanti, Cianjur
pantai-rancabuaya-garut
Pantai Rancabuaya, Garut

Buatku pribadi, perjalanan 6 jam Sagaranten-Rancabuaya rasanya sangat singkat, menyenangkan, mengesankan dan ingin diulangi lagi.

pantai-rancabuaya-garut-sunset
Pantai Rancabuaya, Garut
Advertisements

4 thoughts on “Perjalanan Menyusuri Pantai Selatan Jabar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s