Air Terjun Grojogan Sewu

Masih dalam rangka day trip di Solo, aku dan keluarga pergi sedikit jauh dari kota Solo yaitu ke kabupaten Karanganyar. Disana kami pergi ke daerah pegunungan Tawangmangu untuk melihat air terjun yang cukup terkenal disana yaitu air terjun Grojogan Sewu.

Setelah sarapan soto seger mbok Giyem, mumpung hari masih pagi kami langsung meluncur ke kabupaten Karanganyar. Perjalanan dari kota Solo sampai ke Tawangmangu ditempuh selama kurang lebih 1 jam.

Pintu masuk ke Taman Wisata Alam Grojogan Sewu ada 2. Menurut driver kami, pintu 1 jalan menuju air terjunnya lebih jauh dan terjal tapi pemandangannya lebih indah sedangkan pintu 2 jaraknya lebih pendek dan mudah tapi pemandangannya tidak seindah yang dilalui dari pintu 1.

Mengingat perjalanan kami hari ini masih panjang, aku memutuskan untuk masuk lewat pintu 2 saja supaya kami tidak terlalu kelelahan.

Tiba di pintu masuk jam 8 kurang sedangkan loket penjualan tiket baru buka jam 8 jadi kami menunggu pintu dibuka di tengah udara yang dingin ditambah dengan gerimis yang membuat udara makin membuat kami merapatkan jaket.

20170103_075315-01

 

Setelah membayar tiket masuk, kami mulai berjalan menyusuri jalan berbatu yang menanjak. Batu-batu yang basah karena diguyur hujan membuat kami harus berhati-hati melangkah.

20170103_093038

Sepanjang perjalanan kami melewati hutan yang terjaga dan kebersihan sepanjang jalan juga sangat terawat. Ada bapak-bapak yang kami temui sedang menyapu dedaunan di sepanjang jalan.

Di beberapa tempat juga disediakan tempat-tempat peristirahatan dan ada juga penjual-penjual makanan seperti sate, mi godog, minuman ringan, kopi, dan lain-lain. Satu hal yang jadi catatanku, para pedagang ini sangat menjaga kebersihan area di sekitar tempat mereka jualan sehingga tidak terlihat sampah bertebaran di sekitar tempat mereka berdagang.

Setelah cukup lama menanjak, berbelok, mendesah dan beberapa keluhan “masih jauh gak, ya?” akhirnya jalanan menurun langsung menuju ke dasar air terjun. Air terjunnya cukup tinggi dan indah. Di depan air terjun ada jembatan yang hanya boleh dilewati, pengunjung tidak boleh berdiam di jembatan itu.

20170103_083402

Sebetulnya ingin berlama-lama disitu, tapi hujan makin deras. Meski memakai payung tetap saja kami kebasahan. Demi mengingat kondisi fisik harus dijaga, kami hanya berfoto sebentar kemudian masuk ke salah satu kedai penjual makanan untuk menghangatkan badan dengan susu jahe sambil beristirahat untuk kemudian melanjutkan perjalanan kemabli ke kota Solo.

20170103_083447

20170103_081912

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s